2.jpg
   

ARTIKEL

Kementerian Kehutanan Luncurkan Pendugaan Biomassa & Perhitungan Emisi Karbon Hutan

Pengukuran diameter setinggi dada (DBH) merupakan salah satu parameter untuk memperkirakan stok karbon. Hutan mangrove dan hutan rawa gambut adalah salah satu ekosistem dengan stok karbon terbesar.

Pengukuran diameter setinggi dada (DBH) merupakan salah satu parameter untuk memperkirakan stok karbon. Hutan mangrove dan hutan rawa gambut adalah salah satu ekosistem dengan stok karbon terbesar.

FORDA (Jakarta,  21/04/2014)_Kementerian Kehutanan meluncurkan hasil kajian pendugaan biomassa dan perhitungan emisi karbon hutan provinsi percontohan REDD+ Kalimantan Tengah sebagai referensi kunci pelaksanaan MRV (Measurement , Reporting and Verification) terkait implementasi REDD+ di Indonesia.  Hasil kajian Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan tersebut terangkum dalam publikasi Pendugaan Biomassa Hutan untuk Perhitungan emisi CO2 di Kalteng: Sebuah Pendekatan Komprehensif dalam Menentukan Karbon; dan Perkiraan Sementara Emisi CO2 di Kalteng.

Mencari 'literatur abu-abu' kontribusi hutan terhadap jasa lingkungan hingga produksi pangan

CIFOR/Kate Evans

CIFOR/Kate Evans

Hutan dan pohon menopang pertanian untuk produksi pangan dalam ruang dan waktu. Sebagian besar sistem produksi pangan skala kecil – yang mencukupi kebutuhan pangan populasi global – berada dalam mosaik tutupan pohon dan pertanian. Pertumbuhan populasi saat ini dan penyesuaian kebutuhan akan kenaikan tren konsumsi tidak hanya menyebabkan budidaya intensifikasi namun juga ekspansi lewat konversi hutan primer untuk konsumsi, pangan dan produksi pakan ternak. Meningkatnya kekhawatiran akan keberlanjutan praktik budidaya modern membutuhkan berpikir ulang bagaimana kita memanfaatkan alam bagi kelangsungan hidup.

Urgensi pemilihan umum Indonesia bagi masa depan bersama

(Bogor, 9 April 2014)_Ketika rakyat Indonesia mendatangi tempat pemungutan suara pekan ini, dan sekali lagi beberapa bulan nanti, mereka tengah membuat keputusan yang akan mempengaruhi masa depan negara bagi generasi berikutnya. Lebih dari itu, mereka membuat keputusan yang akan mempengaruhi masa depan Asia Tenggara, dan bahkan dunia.

Sumur resapan dapat kurangi banjir Jakarta

(Bogor, 24 Maret 2014)_Pembuatan sumur resapan dapat menjadi salah satu teknologi dalam menanggulangi banjir di Jakarta yang merupakan wilayah Daerah Aliran Sungai Ciliwung. Data yang ada menyebutkan, pengisian air tanah di DAS Ciliwung, sungai utama dari 13 DAS yang masuk ke Jakarta menurun drastis karena sebagian besar air hujan yang jatuh menjadi aliran permukaan yang mengakibatkan meningkatnya banjir di daerah hilir.

Respon Ekosistem Hutan terhadap Perubahan Iklim Bervariasi

Invasif species Acacia by Dr. Titiek Setyawati (Puskonser)

Invasif species Acacia by Dr. Titiek Setyawati (Puskonser)

(Bogor, 28 Maret 2014)_ Perubahan iklim berpengaruh langsung dan tidak langsung pada seluruh aspek kehidupan.  Begitu pula dengan tumbuhan/vegetasi sebagai salah satu komponen biotik dalam ekosistem hutan. Vegetasi yang relatif stabil akan lebih adaptif dibandingkan dengan vegetasi yang fluktuatif terhadap perubahan lingkungan.

Kajian global: Inisiatif REDD+ menghadapi tantangan – dan peluang

Aerial view of the Amazon forest, near Manaus, Brazil. Neil Palmer/CIFOR

Hutan Amazon. Neil Palmer/CIFOR

BOGOR, Indonesia — Tindakan harus dilakukan untuk memperjelas kepemilikan lahan di negara berkembang kaya-hutan, dan untuk meningkatkan keberlangsungan ekonomi REDD+ atau berisiko membahayakan upaya menurunkan deforestasi dan mitigasi perubahan iklim, demikian saran riset baru berdasarkan riset terhadap  23 inisiatif hutan karbon.

The 6th Indogreen Forestry Expo 2014

SIARAN PERS

Nomor : S.  231   /PHM-1/2014

THE 6TH INDOGREEN FORESTRY EXPO 2014

 

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan membuka Pameran “The 6th IndoGreen Forestry Expo 2014” Jumat pagi, 11 April di Assembly Hall – Jakarta Convention Center. Pameran IndoGreen berlangsung dari tanggal 11 – 14 April 2014. Pameran ini sudah menjadi agenda tahunan Kementerian Kehutanan bekerjasama dengan PT. Wahyu Promo Citra sebagai event organizer.

“The 6th IndoGreen Forestry Expo 2014” merupakan sarana informasi, sosialisasi, edukasi, promosi inovasi dan produksi kreatif sektor kehutanan kepada masyarakat. Sedangkan bagi para pengelola, pemegang izin, pemanfaat dan pengguna kawasan hutan, pameran ini merupakan media promosi dalam meningkatkan minat investasi, konservasi, rehabilitasi, reboisasi dan reklamasi kawasan hutan. Pameran ini menjadi media untuk mengenalkan berbagai produk, jasa dan teknologi pengelolaan hutan, pemanfaatan hutan, pengolahan/industri primer hasil hutan baik untuk kayu, HHBK, dan jasa lingkungan tertentu.

Data Penggunaan Kawasan Hutan Periode Februari 2014

Data penggunaan Kawasan Hutan Periode Februari 2014: Perkembangan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan untuk Pertambangan dan Non Pertambangan s.d Februari 2014; Rekapitulasi Realisasi Jumlah SSBP dari Wajib Bayar dan Jumlah Setoran/Pembayaran PNBP PKH Februari 2014; Peta Perkembangan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan Seluruh Indonesia; dan Peta Perkembangan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan per pulau-pulau besar dan per-provinsi s.d Februari 2014.

Data Penggunaan Kawasan Hutan Periode Februari 2014: 
  1. Perkembangan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan untuk Pertambangan
  2. Perkembangan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan untuk Non Pertambangan
  3. Rekapitulasi Realisasi Jumlah SSBP dari Wajib Bayar dan Jumlah Setoran/Pembayaran PNBP PKH TA 2014
  4. Peta Perkembangan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan Seluruh Indonesia
  5. Peta Perkembangan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan per Pulau-Pulau Besar

     6.  Peta Perkembangan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan per Provinsi :

 

Sumber: http://www.dephut.go.id/index.php/news/details/9513

Draft Rancangan Revisi Permenhut P.20/2011

Terlampir disampaikan draft revisi Permenhut Nomor P.20/Menhut-II/2011 tentang Pedoman Pemetaan Kawasan Hutan Tingkat Kabupaten/Kota.

 
 
Sumber: http://www.dephut.go.id/index.php/news/details/9508

Data dan Informasi Ditjen Planologi Kehutanan 2013

Buku Data dan Informasi Ditjen Planologi Kehutanan Tahun 2013 ini disusun sebagai bentuk implementasi Permenhut Nomor: P.07/Menhut-II/2011 tentang Pelayanan Informasi Publik di Lingkungan Kementerian Kehutanan. Penyusunan buku ini dimaksudkan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan data dan informasi yang tepat, akurat, dan terkini, khususnya bidang planologi kehutanan kepada masyarakat.

Download: Data dan Informasi Ditjen Planologi Kehutanan 2013

 

Sumber: http://www.dephut.go.id/index.php/news/details/9512

Buletin Planologi Edisi 11 Vol II Desember 2013

Berangkat dari spirit meningkatkan kualitas pembangunan kehutanan yang semakin focus pada tujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat., maka “Rencana Makro “ terpilih menjadi tema volume. Berbagai bentuk pemikiran yang secara langsung maupun tidak langsung terkluster dalam upaya penyusuanan rencana makro yang merupakan derivasi Rencana Kehutanan Tingkat Nasional dan sekaligus menjadi arahan spasial bagi rencana pembangunan kehutanan, diharapkan mewarnai isi bulletin.

Kita semua wajib yakin hubungan kausalitas logis “hutan dan fungsi hutan lestari akan mengembalikan keseimbangan alam, dalam rangka memulihkan degradasi lahan akibat pembangunan dalam rangka terjaga, meningkatnya kesejahteraan hidup dan kehidupan”.

Download: Buletin Planologi Edisi 11 Vol II Desember 2013

 

Sumber: http://www.dephut.go.id/index.php/news/details/9511

 

Publikasi Terkait

Strategi REDD Indonesia

Fase Readiness 2009 – 2012 dan progress implementasinya REDD+ and forest governance. FORDA, Kementerian Kehutanan Republik Indonesia

Unduh PDF

 


Situs web REDD-Indonesia dikelola oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan (FORDA) Kementerian Kehutanan Indonesia, dengan bantuan dari berbagai organisasi.
Hasil riset, proyek percontohan, artikel, analisa dan materi lain yang ditampilkan di sini merupakan pendapat kontributor dan tidak selalu mencerminkan pendapat resmi pengelola.