Regulasi Nasional

Regulasi Nasional

Agar efektif, luas hutan kemasyarakatan (HKM) dan hutan desa (HD) perlu diperkecil

Penjangkauan pendampingan kelompok masyarakat akan lebih efektif bila wilayah HKM dan HD diperkecil

Penjangkauan pendampingan kelompok masyarakat akan lebih efektif bila wilayah HKM dan HD diperkecil. Foto Yayan Indriatmoko/CIFOR

Makassar (19 November 2014) _ Pemanfaatan kawasan Hutan Kemasyarakatan (HKM) dan Hutan Desa (HD) belum optimal, karena lahan...

Keajaiban pembangunan atau bencana lingkungan? Meninjau kontroversi kelapa sawit

Juara yang tak terkalahkan, buah dari kelapa sawit (Elaeis guineensis), yang terlihat di sini adalah di Indonesia, menghasilkan lebih banyak minyak dibandingkan tanaman lain. Hari Priyadi/CIFOR photo

NAIROBI, Kenya — Bagi industri pangan-pertanian dan petani kecil di wilayah tropis, kelapa sawit adalah tanaman ajaib.

Bagi para LSM dan masyarakat-masyarakat adat, hal ini merupakan ancaman besar terhadap hak-hak atas lahan dan lingkungan.

Jadi...

Dengan uang saja belum cukup menyangga skema pembayaran lingkungan: Riset

Gadis Kichwa membawa buah-buahan di hutan Amazon Provinsi Napo, timur laut Ekuador. Riset mengindikasikan bahwa masalah kesetaraan sosial dan pembelian lokal sangat penting bagi keberhasilan program pembayaran jasa lingkungan. Tomas Munita/Foto CIFOR

BOGOR, Indonesia — Di atas kertas, premis ini sederhana: Meningkatkan tata kelolalingkungan dengan memberikan penghargaan finansial bagi masyarakat yang bertanggungjawab terhadap konservasi.

Konsep ini, dikenal sebagai pembayaran jasa lingkungan (PJL), merebut hati banyak pendukung termasuk...

Keterkaitan hutan-pertanian tidak selalu jelas, para pakar mengingatkan

Hutan bertemu tanah pertanian di Gunung Lumut, Kalimantan. Perbatasan antara kedua sektor jarang bersifat sedemikian nyata, dan kebijakan tata guna lahan perlu lebih lentur dalam penyesuaiannya, ujar salah satu pakar utama. Foto @ CIFOR

BOGOR, Indonesia — semua hutan tidak sama dan semua sistem pertanian tidak sama, ujar seorang pakar terkemuka yang mendesak kebijakan tata guna lahan yang mencerminkan kompleksitas dengan lebih baik di lapangan.

“Orang berbicara mengenai pertanian...

Taman Kota Monas Terbukti Efektif Serap Gas Rumah Kaca

Taman Medan Merdeka dan Taman Monas, salah satu ruang hijau yang masih tersisa di Jakarta. Foto: Aji Wihardandi

FORDA (Makasar, 5/11/2014)_Taman kota Monas yang selama ini hanya dipandang sebagai aksesoris mempercantik kota ternyata mempunyai andil penting dalam penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) kota Jakarta. 

Peneliti dari Litbang Kementerian Lingkungan dan Kehutanan, Ismayadi Samsoedin

Potensi serapan karbon dari regenerasi mangrove Rhizophora mucronata besar

Hutan mangrove mengandung rata-rata seribu ton karbon per hektar, tiga kali lebih besar dari kandungan hutan daratan. Artinya, penggundulan hutan mangrove menyebabkan sekitar 10 persen emisi karbon dari deforestasi secara global. Kate Evans/Foto CIFOR.

Bogor (8 Oktober 2014)_ Meningkatnya perlindungan komunitas mangrove Rhizophora mucronata dapat membantu penyimpanan karbon 108,61 ton/ha atau penyerapan karbon dioksida 398,60 ton/ha di wilayah Resort Bedul Taman Nasional Alas Purwo (TNAP), rilis dari penelitian terbaru...

Ilmu pengetahuan berjuang berperan lebih besar memetakan agenda hutan dan iklim

Berhadapan lanskap hutan dan pertanian di Acre, Brasil. Pergeseran dari negosiasi besar iklim internasional ke implementasi nasional dan sub-nasional setelah 2015 menekankan perlunya ilmu pengetahuan berperan lebih besar dalam kebijakan, kata seorang pakar. Kate Evans/CIFOR photo.

BOGOR, Indonesia — Kebijakan iklim membutukan keterlibatan lebih besar dari komunitas ilmu pengetahuan – dan sebuah forum tingkat tinggi yang akan digelar dapat membantu memetakan “dimana perhadapan ilmu dan kebijakan perlu dijalankan dalam masalah kehutanan,” kata...

Asap kembali ke Singapura – dan akan lebih banyak lagi, peringatan studi baru

BOGOR, Indonesia – Asap telah kembali.

Pekan ini, angin membawa asap dari lahan terbakar di Sumatera, Indonesia barat, menyesaki langit negara tetangga Singapura. Dan menurut sebuah studi baru, episode seperti ini akan terjadi lebih sering.

Krisis iklim ‘bisa menjadi revolusi global’

Amazon Brasil. Separuh penurunan deforestasi dunia dalam delapan tahun terakhir tercapai di satu provinsi di Brasil. Neil Palmer@CIFOR photo.

BOGOR, Indonesia — Keberhasilan Amazon Brasil adalah bukti bahwa ada peluang menurunkan deforestasi dan menghindari krisis iklim, kata Daniel Nepstad, Direktur Eksekutif Earth Innovation Institute (Institut Inovasi Bumi).

“Kita benar-benar perlu menyederhanakan dan menyatukan kekuatan...

Bagaimana hutan pulih setelah penebangan? Jaringan kemitraan baru coba temukan jawaban

Hutan tebangan atau hutan produksi memiliki nilai yang seringkali diabaikan, membuat hutan rentan terhadap degradasi parah seperti penggundulan atau kebakaran. Photo @CIFOR.

BOGOR, Indonesia — Mereka adalah hutan yang terlupakan.

Hutan gundul atau hutan “terganggu” meluas dengan cepat di seluruh daerah tropis, walaupun mereka tidak menerima cukup perhatian seperti pada hutan (“pertumbuhan-tua”) primer – hingga saat ini.